Rabu, 09 Oktober 2013

Penggolongan Jaringan Komputer

Penggolongan Jaringan Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli : Penggolongan Jaringan Komputer

Topologi
Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang dibangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource maupun keterbatasan biaya sesuai dengan keadaan di lapangan. Jenis-jenis topologi jaringan antara lain:

Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi awal yang digunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing-masing kabel akan terhubung kesatu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir kabel diakhiri dengan satu terminator. 


Topologi Bus



Topologi Ring
Topologi ring adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan arti setiap komputer yang terhubung dalam satu jaringan saling terhubung dengan komputer lainnya sehingga membentuk cincin.




Topologi star
Topologi star yaitu topologi jaringan yang dalam pengkoneksian sudah menggunakan bantuan alat lain seperti hub atau switch. Alat tersebut berfungsi sebagai penghubung komputer-komputer di dalam jaringan.




Topologi Star


 Topologi Tree
Topologi tree merupakan topologi yang bisa digunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor bertingkat. Pada toplogi ini satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan hirarki yang jelas.


Topologi tree












Topologi Mesh
Topologi mesh yang disebut sebagai jaring, karena setiap komputer akan berhubungan pada tiap-tiap komputer lain yang tersambung. Topologi ini jarang sekali diterapkan dalam LAN karena alasan pemborosan kabel dan sulitnya instalasi, selain itu juga sulit mendeteksi keamanannya.


Topologi Mesh

0 komentar:

Posting Komentar